Membuat Proposal Usaha (Kewirausahaan)

on Kamis, 14 Agustus 2014

Daftar Isi

Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 : Pendahuluan
A. Nama&alamat pemilik
B. Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Bab 2 : UraianTentangAspek Usaha
A. UraianUmumUsaha
B. Sejarah dan Latar Belakang Perusahaan
C. Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan
D. Keunikan Produk atau Pelayanan
Bab 3 : AnalisisIndustri
A. PenelitiandanAnalisis :
1. Target Pasar atauKonsumen
2. Ukuran dan Tren (kecenderungan) pasar
3. Situasi Persaingan
4. Perkiraan Pasar
B. Rencana Pemasaran
1. Strategi Pasar
2. Masalah Penetapan Harga
3. Periklanan dan Promosi
Bab 4 : Aspek Manajemen
A. Tim Manajemen
B.  Struktur Organisasi
Bab 5 : Aspek Risiko
A.Masalah- masalah yang potensial
B. Risiko dan hambatan
Bab 6 : Aspek Finansial
A. Perkiraan finansial
     1. Modal Investasi
     2. Modal Kerja
     3. Modal Operasional
B. Sumber – sumber penggunaan dana
     1. Rencana Anggaran
                         2. Penganggaran finansial
Bab 7 :  Lampiran
A. Surat - surat
B. Surat kontrak dan dokumen perjanjian lainnya

Kata Pengantar
            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyusun proposal usaha ini. Proposal usaha merupakan media untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan oleh seorang wirausaha, sehingga proposal usaha tersebut sangat penting bagi wirausaha sebagai pernyataan atau legitimasi calon wirausaha sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.Untuk itu, proposal usaha harus dibuat sebelum memulai suatu usaha karena setiap orang yang ingin menjadi wirausaha terlebih dahulu membuat suatu proposal usahanya agar usaha yang akan dikembangkan nantinya memiliki suatu acuan dan tujuan yang pasti.
            Proposal ini disusun berdasarkan kesepakatan bersama atas pemilik usaha dan para karyawan-karyawan. Proposal ini berisi tentang profil lengkap perusahaan kami, usaha yang akan kami rintis di perusahaan kami, visi dan misi dari perusahaan kami, dan mengenai produk yang nantinya akan kami produksi.
Pada kesempatan ini, saya selaku penyusun proposal mengucapkan terimakasih dan syukur kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridoannya ,kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor, dan umumnya masyarakat. Perusahaan Daur Ulang Komersial ialah nama yang kami buat untuk kegiatan usaha ini,yang begerak di bidang daur ulang. Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran, dan masukan–masukannya untuk kelancaran usaha ini.


Bontang , 21 Mei 2013


Penyusun








BAB 1
Pendahuluan

A.    Nama perusahaan                  :       Perusahaan Daur Ulang Komersial
B.     Alamat perusahaan                :       Jl. Selat Karimata RT. 33 NO. 003
C.     Nama pemilik                        :       Ika Dalu Prasetyawan
D.    Alamat pemilik perusahaan   :       Jl. Selat Karimata RT. 33 NO. 003
E.     Informasi perusahaan            :       Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berusaha mewujudkan lingkungan yang bersih dari sampah dengan melakukan pengolahan sampah rumah tangga menjadi produk-produk yang bernilai ekonomis.


BAB 2
Uraian tentang aspek usaha

A.   Uraian umum usaha
Perusahaan Daur Ulang Komersial merupakan perusahaan yang berniat untuk menangani permasalahan sampah di Kota Bontang. Dari segi bisnis, perusahaan ini dapat berkembang dengan memproduksi berbagai macam produk seperti : Pupuk kompos, pupuk cair, bibit unggul, kerajinan daur ulang, dan  alat-alat pertanian. Sedangkan dari segi sosial dan lingkungan, adanya perusahaan ini berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya perusahaan ini masyarakat akan tergerak untuk ikut melakukan penghijauan dan kegiatan daur ulang. Sehingga masyarakat pun akan menjadi produktif dan lingkungan pun akan ikut menjadi bersih.

B.     Sejarah dan latar belakang perusahaan
Perusahaan Daur Ulang Usaha berdiri atas dasar keprihatinan terhadap masalah sampah di Kota Bontang, kota yang dikenal sebagai peraih adipura selama 4 tahun berturut-turut ini masih kesulitan dalam menangani masalah sampah organik maupun anorganik.
Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat sosial bagi masyarakat sekitar diantaranya:
• Mengolah sampah warga sekitar sehingga tidak ada lagi sampah yang dibuang ke sungai Bontang.
• Sungai menjadi lebih bersih.
• Meningkatkan produktifitas masyarakat.
• Mengajarkan sifat mandiri pada masyarakat.
• Perusahaan ini juga menganggarkan biaya untuk penghijauan daerah sekitar.
• Membantu petani yang kurang mampu untuk pengadaan pemupukan.
                              • Menjadi laboratorium bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat.
C.     Visi, misi, dan tujuan perusahaan
Visi                              :     Bontang Green Valley
Misi                             :  - Mengurangi masalah sampah yang tak tertangani
-   menjadi pusat manajemen pengolahan sampah
-  Sosialisasi dan aplikasi pertanian organik kepada  masyarakat
Tujuan                         :     Meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar perusahaan

D.   Keunikan Produk
               Produk dari perusahaan ini adalah kompos, pupuk cair, bibit unggul, kerajinan daur ulang, dan alat-alat pertanian. Kompos dan pupuk cair ini terbuat dari sampah-sampah dedaunan dari masyarakat yang diolah menggunakan teknik yang diciptakan sendiri oleh perusahaan. Kerajinan daur ulang dan alat-alat pertanian ini juga terbuat dari barang daur ulang yang dimaksimalkan agar dapat menjadi barang yang di inginkan. Bahan baku bersumber dari kayu-kayu mebel, besi-besi bangunan, dan kaleng-kaleng bekas. Walaupun terbuat dari barang-barang bekas tetapi tetap memiliki kualitas yang tak jauh berbeda dengan produk yang dibuat oleh industry besar.


BAB 3
Analisis Industri

A.     Penelitian dan analisis
1.      Target pasar atau konsumen : target utama pasar merupakan petani-petani yang ada di daerah teluk pandan dan kampung salak. Selain itu kami berusaha untuk memasarkannya ke daerah lain seperti Samarinda atau Pulau Jawa.
2.      Ukuran produk : - Untuk pupuk kompos diberikan ukuran 10&25 kg
-    Untuk pupuk cair diberikan ukuran 10&20 liter
-    Untuk bibit unggul diberikan umur 3,4, dan 5 bulan
-    Untuk alat dan kerajinan dapat dipesan sesuai keinginan
3.      Situasi persaingan : Untuk saat ini, perusahaan kami merupakan perusahaan perdana yang hadir dalam bidang ini sehingga peluang lakunya produk dapat terjamin.
4.      Perkiraan pasar : perkiraan pasar masih sekitar Kota Bontang, Teluk Pandan, Kampung Salak, dan Sangatta.

B.   Rencana pemasaran
1.      Strategi pasar
• Sebelum menjalankan perusahaan, setidaknya mendapatkan konfirmasi ketertarikan tentang produk yang ditawarkan.
• Mensosialisasikan produk kompos untuk petani, memberikan harga diskon, dan jaminan uang kembali apabila hasil pertaniannya menurun.
• Memilah sampah plastik dan kertas berdasarkan jenis serta membersihkan dari pengotor untuk meningkatkan nilai jualnya.
• Mengadakan pelelangan untuk sampah plastik dan sampah kertas sehingga diperoleh harga yang menguntungkan.
2.         Masalah penetapan harga
• Kompos
                  Kompos adalah produk olahan sampah organik. Kompos yang akan kami hasilkan akan terbagi dalam berbagai kelas. Selain itu kami juga menyediakan kompos dengan harga yang lebih murah untuk kebutuhan petani dengan tujuan meningkatkan daya tampung pengelolaan sampah karena kompos yang tidak dapat diserap pasar melalui produk di atas akan dipasarkan ke petani sehingga tidak menumpuk di tempat penyimpanan.

Manfaat produk :
-Kompos merupakan nutrisi organik bagi tanaman yang juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tanah.
-Penggunaan kompos dapat mengurangi jumlah penggunaan pupuk kimia, sehingga lebih ramah lingkungan.
Rencana harga
Berikut ini adalah kisaran harga kompos yang kami tawarkan :
Produk
Harga pengecer
Harga konsumen
Kompos
Rp. 2.500,-/kantong
Rp. 4.000,-/kantong
Kompos (petani)
-
Rp. 200.000,-/M3
Kompos premium
Rp. 5.000,-/kantong
Rp. 8.000,-/kantong

• Pupuk cair
              Pupuk cair merupakan produk baru yang masih dalam proses pengembangan, yang berasal dari olahan sampah organik. Alasan dikembangkannya produk ini adalah untuk memajukan pertanian dengan konsep pertanian organik.
Manfaat produk
   Pupuk cair sebagai komplemen penggunaan kompos, apabila diformulasikan dengan pupuk sintetis, dapat menekan biaya pemupukan bagi petani.
Rencana harga
Berikut ini adalah kisaran harga kompos yang kami tawarkan :
Produk
Harga pengecer
Harga konsumen
Pupuk cair 10 liter
Rp. 20.000,-/botol
Rp. 25.000,-/botol
Pupuk cair 20 liter
Rp. 35.000,-/botol
Rp. 60.000,-/botol







• Kerajinan daur ulang
 Merupakan suatu barang yang dibuat dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi atau tidak memiliki nilai guna. Sehinnga produk daur ulang kami merupakan barang yang ramah lingkungan.





                                   Manfaat produk : sebagai tas untuk pergi ke pasar atau tas sekolah
                                   Rencana harga    :
Produk
Harga pengecer
Harga konsumen
Kotak pensil
Rp. 2.500,-/pcs
Rp. 4.000,-/pcs
Tas sekolah
Rp. 25.000,-/pcs
Rp. 30.000,-/pcs
Tas gantung
Rp. 5.000,-/pcs
Rp. 8.000,-/pcs

3.      Periklanan dan promosi
Periklanan dilakukan melalui media cetak dan dan siaran televise local. Biaya untuk iklan selama 30 hari adalah Rp 30.000.000,00


BAB 4
Aspek Manajemen

A.    Tim manajemen
Komponen organisasional yang akan diterapkan adalah :
• Satu orang Direktur Utama, bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya. Pimpinan produksi mendapatkan gaji tetap sebesar Rp. 2.000.000,- per bulan.
• Satu orang Administrasi dan Keuangan, bertanggung jawab mencatat transaksi dan dokumentasi, serta melakukan analisis keuangan. Administrasi & Keuangan mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
• Satu orang Manajer Produksi, bertanggung jawab atas kelancaran proses produksi serta koordinasi karyawan dan perawatan aset. Manajer produksi mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
• Satu orang Manajer Pemasaran, bertanggung jawab dalam kelancaran distribusi produk, perluasan pasar, merumuskan sistem pasar, menangani masalah perijinan, dan mampu menangani segala keluhan pelanggan. Manajer pemasaran mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.

Tim Pendukung, terdiri dari :
• Dua Belas orang Pembantu Produksi, merupakan pekerja yang membantu dalam proses produksi dengan alokasi karyawan : 2 orang bagian transportasi, 3 orang bagian penggilingan, 2 orang bagian pengemasan, dan 5 orang bagian pembakaran. Pembagian kerja akan dirotasi untuk tiap karyawan dibawah koordinasi manajer produksi. Pembantu produksi dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.
• Tiga orang Sopir, merupakan pekerja yang bertugas mengemudikan kendaraan pengangkut dan bertanggung jawab terhadap perawatan kendaraan. Sopir dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.

Total kebutuhan dana operasional untuk gaji karyawan adalah sebesar Rp. 21.500.000,- per bulan.

B.     Struktur organisasi



BAB 5
Aspek Resiko

A.    Masalah-masalah yang potensial
Masalah-masalah potensial dapat berasal dari dalam perusahaan maupun luar perusahaan. Masalah dari dalam perusahaan berupa sisa-sisa hasil daur ulang yang benar-benar tidak terpakai lagi sehingga perlu penanganan khusus untuk mengolahnya. Sedangkan masalah dari luar yaitu dari warga sekitar yang mungkin saja merasa tidak nyaman dengan bau sampah yang ada sehingga warga sekitar bisa menuntut agar perusahaan kami dihentikan.

B.     Resiko dan hambatan
Hambatan dalam  berbisnis daur ulang sampah adalah kesulitan dalam memilah antara sampah organik dan anorganik. Dengan resiko seperti ini memungkinkan biaya lebih untuk mengolahnya. Tetapi jika pengolahan tidak tepat, kemungkinan daur ulang sampah tidak akan menjadi bagus karena tercampurnya antara sampah organik dan anorganik

C.     Tindakan alternatif
Melakukan sosialisasi yang lebih masyarakat sekitar bahwa daur ulang sampah merupakan hal yang sangat membantu dalam membersihkan lingkungan. Selain itu, kami akan mengajarkan bagaimana cara mendaur ulang sampah secara tepat dengan jenis sampahnya. Agar nantinya pekerjaan daur ulang sampah bisa menjadi mata pencaharian sampingan atau bahkan menjadi sumber utama mata pencaharian warga sekitar perusahaan
Untuk mengatasi pemisahan sampah yang sulit, maka kami membuat departemen khusus dalam perusahaan yang betugas memisahkan berbagai macam jenis sampah. Seperti sampah logam besi dalam dedaunan atau sayur busuk akan dipisahkan melalui cara diberi magnet listrik agar sampah organic menjadi steril dalam pengolahan lanjutan menjadi pupuk organik.


BAB 6
ASPEK FINANSIAL
A.     Perkiraan finansial

1.       Modal investasi
-          Modal mesin produksi                                 :    Rp   40.000.000,00
-          Modal alat-alat administrasi                         :    Rp     2.000.000,00
-          Modal pembangunan gedung                      :    Rp 200.000.000,00
TOTAL                                                        :    Rp 242.000.000,00

2.      Modal kerja
-          1 orang direktur utama                                 :    Rp    2.000.000,00/bulan
-          1 orang administrasi keuangan                     :    Rp    1.500.000,00/bulan
-          1 orang manajer produksi                             :    Rp    1.500.000,00/bulan
-          12 orang pembantu produksi                       :    Rp   12.000.000,00/12 orang/bulan
-         3 orang sopir                                                :    Rp    3.000.000,00/3 orang/bulan
TOTAL                                                        :    Rp   20.000.000,00

3.     Modal operasional
-          Biaya instalasi listrik                                    :    Rp    5.000.000,00
-          Biaya instalasi air                                         :    Rp    2.000.000,00
-          2 unit mobil bak terbuka                              :    Rp 150.000.000,00/2 unit
-          3 unit motor                                                 :    Rp   40.000.000,00/3 unit
TOTAL                                                        :    Rp 197.000.000,00

B.     Sumber-sumber penggunaan dana
1.      Rencana anggaran
Dilihat dari total biaya aspek finansial, maka kami menganggarkan modal awal sebesar Rp 500.000.000,00
2.      Penganggaran finansial
Jadi, total penganggaran finansial adalah Rp 242.000.000,00 + Rp 20.000.000,00 +                    Rp 197.000.000,00 = Rp 459.000.000,00


                                                                                                                               
BAB 7
LAMPIRAN
A.     Surat-surat
-          Surat Izin Gangguan  (HO)





















-          Surat Izin Usaha Perdagangan  (SIUP)

























-          Surat Izin Tempat Usaha (SITU)








































-          Izin Mendirikan Bangunan (IMB)









































1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih sudah membagikan ilmu anda. Salam sukses.

Posting Komentar